Fiqarrahmadani Yustiazari

a piece of my IR life

Perkembangan dan Pentingnya Studi Hubungan Internasional

26 September 2012 - dalam Pengantar Hubungan Internasional Oleh fyustiazari-fisip12

Fiqarrahmadani Yustiazari
(071211231017)

Hubungan Internasional mengalami perjalanan panjang sebelum akhirnya menjadi sebuah studi. Pelaku-pelaku dari Hubungan Internasional sebenarnya telah ada sejak dahulu (Dugis 2012). Pada zaman dahulu telah dikenal diplomasi atau dengan kata sederhana disebut dengan negosiasi. Namun untuk menjadi sebuah studi, Hubungan Internasional memang perlu dibahas sehingga jelas arah dan tujuannya.
Dalam perkembangan Hubungan Internasional dikenal istilah liberalism dan realism yang lahir setelah dalam sejarah perkembangan Hubungan Internasional sebelumnya terdapat dua kejadian penting, yaitu Perjanjian Westphalia yang memunculkan perkembangan dunia modern dan terciptanya “save of democracy” oleh Presiden Wilson, juga lahirnya Liga Bangsa Bangsa yang kemudian harus jatuh. Liberalisme terjadi karena Perang Dunia I. Fokus dari Liberalisme adalah tentang interdepensi, kerjasama, dan perdamaian. Sementara realisme yang terinspirasi dari terjadinya Perang Dunia II menekankan fokus pada kekuatan politik dan keamanan. Realisme akhirnya menang karena pada dasarnya Hubungan Internasional adalah hasil dari kekuatan politik.
Hubungan Internasional pada awalnya merupakan ilmu yang muncul dari adanya interaksi dalam konteks internasional. Di masa lalu interaksi ada namun tanpa landasan atau pengetahuan yang cukup, maka akan timbul peperangan dan tidak akan terjadi perdamaian dunia. Oleh karena itu diperlukan ilmu yang mempelajari tentang bagaimana memahami masalah-masalah yang ditimbulkan sebagai akibat dari interaksi sehingga timbul lah Hubungan Internasional.
Hubungan Internasional dalam dunia modern sekarang ini merupakan Hubungan Internasional sebagai Interdisiplinier yang dapat diartikan bahwa Hubungan Internasional adalah ilmu yang tidak hanya mempelajari ilmu murni HI, tetapi juga ilmu-ilmu lain seperti politik, ekonomi, sosiologi, dan lain sebagainya. Hubungan Internasional melihat masalah-masalah tidak dari satu aspek saja, melainkan juga dari berbagai aspek termasuk yang telah disebutkan di atas. Sebagai contoh yang saat ini sedang menjadi permasalahan adalah produksi film “Innocence of Muslim” yang telah menyinggung banyak umat Islam di dunia. Jika hal ini tidak dapat diselesaikan, maka bisa saja timbul permusuhan bahkan peperangan dari umat Islam yang merasa tersinggung. Penyelesaian masalah yang bisa dikatakan juga sebagai permasalahan internasional ini bisa dilihat dari berbagai aspek misalnya salah satunya dari aspek sosial karena melibatkan masyarakat dan akan mengganggu keharmonisan masyarakat internasional. Karena itu Hubungan Internasional di dunia modern saat ini merupakan ilmu yang interdisiplinier karena dalam kajiannya juga mempelajari masalah dari berbagai aspek.
Lalu, bagaimana pentingnya Hubungan Internasional? Dari uraian di atas sebenarnya telah tersirat jawaban dari pertanyaan yang diajukan. Dunia secara alami dan berangsur-angsur akan terus mengalami perkembangan, begitupun semua yang terjadi di dalamnya. Kaum realisme menyadari pentingnya suatu studi yang dapat digunakan untuk menghindari perang sebagai akibat dari adanya interaksi internasional oleh sebab itu timbul Hubungan Internasional.
Seiring dengan perkembangan dunia yang sekarang ini bisa dibilang cukup pesat, Hubungan Internasional penting untuk dipelajari. Bagaimana berkomunikasi, bernegosiasi, dan menentukan keputusan yang tepat dan bijak dalam suatu interaksi internasional. Hubungan Internasional pun berkembang bersamaan dengan globalisasi yang mengikuti perkembangan dunia. Oleh sebab itu penting mempelajari Hubungan Internasional dan penting juga mengikuti Hubungan Internasional yang akan semakin berkembang juga.



Read More | Respon : 0 komentar

Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :   
   

Kategori

Artikel Terbaru

Artikel Terpopuler

Komentar Terbaru

Arsip

Blogroll

Lets have talk on Twitter!

My Treasured Life

    Instagram

Pengunjung

    1.751.158